Tahun 2014, saat ibadah pembukaan lokakarya Robeno 1)*, Wakil Gubernur Kalimantan Barat saat itu Bpk. Christiandy Sanjaya menyampaikan informasi dan kerinduannya agar penutur Bahasa Hakka di daerah Kalimantan Barat diberikan kesempatan untuk memiliki firman Tuhan dalam Bahasa yang mereka mengerti, karena masih ada banyak penutur bahasa Hakka ditempat itu yang tidak bisa berbicara, dan baca tulis bahasa Indonesia. Khususnya orang- orang yang berusia 40 keatas. Puji Tuhan, setelah didoakan, maka pada akhirnya oleh anugerah Tuhan pelayanan penerjemahan Bahasa Hakka Pontianak pun dilakukan. Dan akhirnya penutur bahasa Hakka pun memiliki Injil Lukas dalam bentuk audio dan Film Yesus pada tahun 2018.

Setelah itu, tim dengan penuh semangat membawa hasil kepada para penutur Bahasa Hakka, dan ada banyak orang yang merasa diberkati. Satu bapak yang sudah 19 tahun stroke menyatakan, “Saya terharu, karena sembilan belas tahun saya tidak mampu ke gereja karena tidak bisa berjalan dan hari ini Tuhan Yesus datang ke rumah saya dan bicara dalam bahasa saya.” Hasilnya, ada banyak orang- orang percaya yang diberkati karena bisa mendengar Firman Tuhan setiap hari di rumah. Selama ini mereka yang kurang bisa bahasa Indonesia dan tidak bisa baca Alkitab biasanya hanya ke gereja seminggu sekali saja.

Tidak berhenti sampai disitu saja, ternyata didalam gereja maupun dalam kehidupan masyarakat orang Hakka memiliki hubungan yang dekat dengan penutur bahasa Tiochiu. Menyaksikan saudara- saudara mereka penutur bahasa Hakka diberkati karena Firman yang tersedia dalam bahasa yang sangat mereka pahami, penutur bahasa Tiochiu juga rindu supaya ada banyak orang-orang penutur bahasa Tiochiu diberkati dan bertumbuh dalam kebenaran Firman Tuhan Mengetahui kerinduan hati saudara penutur Bahasa Tiochiu, hati tim penerjemah bahasa Hakkapun digelisahkan Tuhan, karena kasih, karena cinta kepada saudara mereka menyampaikan kepada tim Kartidaya untuk bekerjasama menyediakan firman Tuhan dalam Bahasa Tiochiu.

Puji Tuhan, keberlanjutan penyediaan Firman Tuhan terus berjalan, ada kelompok yang diberkati merindukan kelompok lain juga diberkati. Ini isi hati Allah setiap suku, kaum dan Bahasa memuji Tuhan.

)*Lokakarya Robeno 1 adalah lokakarya penerjemahan di Kalimantan Barat untuk 6 bahasa yang diselenggarakan pada 3-21 Februari 2014.